Free Artikel

3 Cara Mengalahkan Resesi Ekonomi

3 Cara Mengalahkan Resesi Ekonomi

Tahun ini hampir semua bisnis kemungkinan  mengalami penurunan penjualan dan keuntungan. Sembilan dari sepuluh pebisnis akan mempunyai alasan serupa mengapa bisnis mereka turun. Apakah kira-kira alasan umum mereka?

–          Ekonomi

–          Lebih sedikit orang membeli

–          Kita sudah coba berbagai cara tetapi tidak ada hasilnya.

Jika itu banar, mengapa beberapa bisnis pada saat yang sama mengalami mengalami pertumbuhan?.

Memang benar ekonomi mengalami penurunan yang mengakibatkan rata-rata penjualan juga turun, namun yang jadi masalah adalah 9 dari 10 orang melakukan hal yang sama terus menerus. Mereka tetap memasarkan bisnis mereka dengan cara yang sama ketika pada saat ekonomi berjalan baik. Tentu saja ini tidak akan jalan.

Hanya 1 orang dari 10 dan saya harap anda adalah orangnya cukup cerdik. Mereka mengetahui bahwa bisnis tidak sedang tumbuh, bahkan sedang mengalami penurunan penjualan, sehingga mereka sadar bahwa mereka harus merubah cara memasarkan bisnis mereka. Orang-orang yang selalu mencari strategi untuk menghasilkan keuntungan seperti inilah yang akan meraih sukses dalam keadaan ekonomi seperti apapun juga.

Jika anda tipe orang yang selalu mencari solusi, bukan tipe orang yang mencari-cari alasan, berikut ini kami berikan 3 langkah sederhana supaya bisnis anda senantiasa pada jalur yang benar dan tetap mendapat keuntungan.

  1. Tetap percaya diri

Kesalahan terbesar adalah kehilangan kepercayaan pada produk dan jasa anda. Meragukan keunggulan produk/ jasa anda dan meragukan kemampuan anda untuk memperbaiki pemasaran dapat membunuh bisnis anda. Anda talah kalah dalam pertarungan sebelum pertarungan dimulai. Konsumen anda akan melihat kegamangan anda dan mereka akan membeli dari pesaing anda yang kelihatan lebih percaya diri.

  1. Tetap Fokus Pada Kekuatan Inti

Anda jelas-jelas berbisnis pada situasi ekonomi yang sangat berbeda jika anda menilik ke belakang, beberapa tahun atau bulan yang lalu. Strategi pemasaran yang mungkin telah membantu bisnis anda tetap eksis di masa lalu mungkin tidak akan dapat menolong lagi jika dipakai pada pasa kini.

Untuk dapat sukses dalam ekonomi seperti sekarang, bisnis anda harus lebih focus dan terspesialisasi. Perusahaan besar, yang menjual barang mulai jarum pentul sampai tank baja harus tutup, tetapi saya melihat banyak usaha kecil bahkan dapat tetap berjalan baik. Perusahaan kecil yang mencoba menyediakan terlalu banyak produk atau jasa mulai terseoki seok karena calon pelanggan tidak mengetahui dengan jelas keunggulan mereka.

Sebaliknya, bisnis dengan target pasar yang sangat spesifik bisa bertahan bahkan tumbuh. Bisnis on line juga mulai tumbuh seperti bisnis pelayanan pembukuan on line , atau perusahaan-perusahaan yang menjual produk yang sangat spesifik lainnya.

  1. Cari Tahu Bagaimana Menarik Lebih Banyak Pembeli

Sebetulnya banyak sekali pembeli di luar sana. Yang anda perlu lakukan andalah menarik lebih banyak dari mereka. Langkah pertama untuk meningkatkan keuntungan anda adalah mencari tahu bagaimana:

–          Membantu lebih banyak orang mengetahui bagaimana anda dapat menolong mereka.

–          Mendapatkan kepercayaan dari mereka sehingga anda dapat memberikan apa yang mereka inginkan.

–          Berikan mereka alasan penting mengapa mereka harus membeli dari anda.

Mengembangkan UKM Dengan Pemasaran yang Efektif


Kebanyakan pelaku UKM hanya berkutat pada masalah produksi, sehingga setelah bertahun-tahun menjadi UKM tataplah UKM, tidak berubah menjadi perusahaan menengah apalagi menjadi perusahaan besar.

Untuk mengembangkan usaha, pemasaran- selain elemen lain seperti pengembangan SDM dll, merupakan suatu hal yang harus diperhatikan oleh UKM. Meniru program pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan besar untuk digunakan dalam pemasaran UKM merupakan salah besar. Salah satunya karena besarnya biaya yang harus dikeluarkan.

Namun sebetulnya banyak taktik pemasaran yang dapat dilakukan yang tidak memerlukan biaya besar. Berikut ini adalah 7 taktik pemasaran yang efektif yang sering terlewatkan oleh pada pemilik UKM ketika mengembangkan program pemasaran.

1. Ciptakan produk yang unik

Cara terbaik memenangkan persaingan bisnis adalah dengan mempromosikan keunggulan produk yang tidak dapat dieroleh konsumen dari produk pesaing. Hal ini sering disebut USP (unique selling proposition). Jika anda belum memiliki produk seperti itu, ciptakan. Atau tambahkan sesuatu keunikan yang belum ada di produk anda yang ada.

2. Gunakan testimonial

Kumpulkan dan gunakan testimonial. Testimonial dari pelanggan yang puas sama dengan referral. Jangan hanya menunggu pelanggan puas memberikan testimonial secara suka rela. Rayu konsumen yang baru mengadakan transaksi atau memakai produk/ servis anda untuk memberikan testimonial. Tanyakan apa yang paling mereka sukai tentang produk/ servis anda. Minta ijin mereka bahwa anda akan menggunakan testimonial mereka untuk promosi produk/ servis anda.

3. Tawarkan Up-selling

Upselling  merupakan teknik yang teruji dapat meningkatkan penjualan. Tawarkan kepada pelanggan anda opsi barang yang lebih baik dengan harga khusus. Atau tawarkan opsi pembelian tambahan atau produk asesoris/ komplementer dari barang yang telah mereka beli dengan harga khusus

4. Berikan harga psikologis

Perlihatkan murahnya biaya produk atau servis anda dengan membreak-down harga sampai pada pecahan waktu terkecil. Rp. 365.000,- per tahun akan membuat beberapa pelanggan lari. Nikmati produk atau servis hanya dengan Rp. 1,000,- per hari, akan menarik lebih banyak pelanggan

5. Tekankan keunggulan produk  selain fitur

Keunggulan adalah apa yang dapat kita lakukan dengan produk/ servis. Promosikan keunggulan produk/ servis anda Orang tidak membeli fitur, mereka membeli keunggulan yang dapat dilakukan fitur produk / servis anda. Orang tidak membeli sampoo, mereka membeli rambut bersih berkilau. Orang tidak membeli mobil, mereka membeli kecepatan, status, gaya, prestis, penampilan. Seorang ibu tidak membeli sereal, dia membeli nilai gizi. Jadi cari keunggulan utama produk/ servis anda dan tulis dengan jelas.

6. Fokus pada Headline

Orang tidak akan memperhatikan iklan. Mereka hanya memperhatikan apa yang menarik mereka, dan kadang-kadang mereka menemukan sesuatu yang menarik dalam iklan. Selalu cantumkan headline dalam iklan, surat penawaran atau web site anda. Cantumkan keunggulan terbesar produk/ servis yang akan menarik perhatian calon pelanggan anda. Ketika anda membuat program  promosi baru, uji headline yang berbeda untuk menentukan headline mana yang paling efektif.

7. Buatlah penawaran

Banyak pelaku UKM beriklan hanya untuk awareness. Dengan tujuan agar masyarakat luas mengetahui keberadaan produk/ service yang ditawarkan. Namun, mengetahui keberadaan produk/ servis tidak serta merta membuat orang membeli.

Jangan pernah beriklan tanpa membuat penawaran yang menarik. Penawaran yang tidak dapat ditolak  merupakan alasan utama mereka merespon iklan anda. Undang mereka agar mengunjungi toko anda, undang mereka untuk menelpon anda, mengisi kupon atau undang mereka untuk melihat demo gratis. Anda harus menyatakan secara jelas apa yang anda harapkan untuk dilakukan calon pembeli.

Banyak UKM yang beriklan tanpa membuat penawaran sehingga tidak ada alasan bagi calon pembeli untuk membeli dari anda.

Apakah anda sudah menggunakan semua taktik di atas? Jika tidak, revisi program pemasaran anda. Niscaya anda akan menikmati peningkatan penjualan yang besar tanpa tambahan biaya.

(Drs. Iyan Radiana, MM, Merhid-I Consulting, Konsultan UKM di Bandung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: